Kamis, 30 Desember 2010

Pesan Pertama PUGS : Makanlah Aneka Ragam Makanan

    Tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya untuk hidup sehat, tumbuh kembnag dan produktif. Oleh karena itu, dianjurka setiap orang untuk mengkonsumsi aneka ragam makanan, kecuali bayi umur 0 - 6 bulan yang cukup mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) saja.

    Makanan yang beraneka ragam adalah makanan yang mengandung unsur-unsur yang diperlukan tubuh baik kualitas maupun kuantitasnya, yaitu yaitu yang pertama adalah makanan sumber zat tenaga (karbohidrat), seperti beras, ubi, jagung, kentang dan gandum, yang kita kenal sebagai makanan pokok. kisamping itu sumber zat tenaga juga dapat diperoleh melalui makanan sumber lemak seperti santan dan minyak. 
    Unsur yang kedua adalah zat pembangun (protein) yang berperan sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan kecerdasan, kekebalan dan penyembuhan tubuh. Sumber protein banyak terdapat dalam  bahan makanan  hewani seperti daging sapi, kambing, ayam, ikan dan lain-lain, serta sumber protein nabati  seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan.
    Unsur ketiga adalah zat pengatur (vitamin dan mineral) yang banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang berperan untuk melancarkan bekerjanya fungsi organ tubuh. Kekurangan salah satu zat gizi tertentu pada satu jenis makanan, akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain.

     Untuk mencapai masukan gizi yang lengkap dan seimbang, kita perlu mengkonsumsi aneka ragam jenis bahan makanan yang memenuhi ketiga unsur gizi di atas. Makanan yang seimbang dan cukup serat (25-35 gram/hari) dapat mencegah atau memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit degenaratif, seperti misalnya : jantung  koroner, darah tinggi, diabetes melitus, dan lain sebagainya.  Sebaliknya, dengan mengkonsumsi hanya satu jenis makanan dalam jangka waktu relatif lama, dapat mengakibatkan berbagai penyakit kekurangan gizi atau gangguan kesehatan.

Lihat juga pesan lain pada 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang

Sumber :
Buku Pedoman Umum Gizi Seimbang (Panduan Untuk Petugas)
Dirjen Kesmas Dit Gizi Masyarakat Departemen Kesehatan Tahun 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar