Kamis, 13 Januari 2011

Kurang Vitamin D, Bayi Rentan ISPA

Rabu, 29 Desember 2010 | 11:22 WIB
SHUTTERSTOCK
Kompas.com - Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) merupakan segala bentuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi saluran napas ini juga bisa terjadi pada bayi baru lahir, terutama bayi yang kekurangan vitamin D.

Gejala yang mungkin timbul akibat ISPA antara lain batuk, pilek, serta demam. Tak jarang juga bayi mengalami muntah dan diare. Semakin cepat ditangani, bayi bisa pulih seperti sedia kala.

Menurut sebuah penelitian, di usia tiga bulan bayi yang kekurangan vitamin D, beresiko dua kali lebih besar menderita ISPA. " Kaitan antara vitamin D dan nafas menciut bisa menjadi gejala penyakit saluran napas, bukan cuma asma tapi juga ISPA," kata Dr.Carlos Camargo, peneliti yang melakukan riset mengenai ISPA pada bayi.

Ia mengatakan meski vitamin D sering dikatikan dengan kesehatan tulang, namun vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan Camargo diketahui anak yang lahir dari ibu yang cukup vitamin D selama kehamilan lebih jarang mengalami batuk dan nafas berbunyi dibanding bayi dari ibu yang kekurangan vitamin D. Penelitian ini dilakukan terhadap 922 anak yang mengambil bagian dalam New Zealand Asthma and Allergy Cohort Study.
Sumber : LiveScience

Tidak ada komentar:

Posting Komentar