Sabtu, 01 Januari 2011

Pesan Ketiga PUGS : Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat Setengah dari Kebutuhan Energi

Terdapat dua kelompok karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Makanan sumber karbohidrat kompleks adalah padi-padian (beras, jagung, gandum), umbi-umbian (singkong, ubi jalar, kentang) dan makanan lainnya seperti tepung, sagu dan pisang, Sedangkan gula, sebagai karbohidrat sederhana tidak mengandung zat gizi lain. Konsumsi gula yang belebihan dapat mengurangi peluang terpenuhinya zat gizi lain.

Proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat kompleks di dalam tubuh berlangsung lebih lama dari pada karbohidrat sederhana. Sehingga, dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, orang tidak segera merasa lapar. Sedangkan gula atau karbohidrat sederhana langsung dapat diserap dan dipergunakan tubuh sebagai energi, sehingga cepat menimbulkan rasa lapar.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa gula merupakan media yang baik bagi pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi. Rusaknya gigi oleh bakteri disebut karies. Konsumsi gula dianjurkan sekitar 5% dari jumlah kebutuhan energi perhari atau sekitar 3- sendok makan sehari. Makanan sumber karbohidrat kompleks merupakan sumber energi utama dalam hidangan di Indonesia, seperti : nasi, jagung, sagu dan ubi. Tetapi makanan sumber karbohidrat ini kurang memberikan zat gizi lain yang diperlukan tubuh, oleh karena itu harus dibatasi konsumsinya sekitar 50-60% dari kebutuhan energi. Dengan demikian, kekurangan zat gizi yang lain dapat dipenuhi dari sumber pembangun dan pengatur.

Lihat juga pesan lain pada 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang.


Sumber :
Buku Pedoman Umum Gizi Seimbanng (Panduan Untuk Petugas)
Dirjen Kesmas Dit Gizi Masyarakat Departemen Kesehatan Tahun 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar