Senin, 17 Februari 2014

Iskandar SE Mencanangkan Gerakan Gizi 1000 Hari

KAYUAGUNG RADIO - Guna Mencanangkan gerakan gizi 1000 hari di kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar kegiatan pemberian Vitamin A kepada anak berusia 6-11 tahun.pemberian Vitamin A yang dilaksanakan di desa lebung batang kecamatan Pangkalan Lampam.
Pencanangan pemberian Vitamin A yang dilakukan langsung oleh Bupati OKI Iskandar SE yangSerta ketua TP PKK OKI Indah Sari Iskandar.
Kedatangan Bupati OKI Iskandar serta wakil Bupati M.Rifa’I dan ketua TP PKK Indah Sari serta kepala dinas dan badan dijajaran pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir disambut ribuan warga desa lebung Batang Kecamatan pangkalan Lampam membuat Suasana Acara yang cukup merih dan ditunggu tunggu warga sekitar.
Kedatangan Bupati Iskandar yang lansung meninjau temapat pelayanan kesahatan yang ada desa lebung batang.disitu jaga Iskandar memeriksakan tensi darah dan kesehatan.
Dalam sambutannya Bupati OKI Iskandar SE mengatakan daya berkembang anak yaitu mulai dari 0 s/d 2 th, makan dengan perkembangan anak diharuskan perhatian orang tua dengan pemberian gizi dan vitamin yang diharapkan anak tumbuh dengan sehat dan cerdas.
Hadir dalam acara tersebut Sekedaris daerah H.Ruslan Bahri MT,Asisten,Staf Ahli,Kepala Dinas,Kepala Badan,Camat Sekabupaten OKI,Lurah Serta Ribuan warga Kecamatan Pangkalan Lampam.
 Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan kabupaten OKI H M Lubis, seperti yang diberitakan Harian kabar Sumatra (7/2/2014) mejelaskan bhwa berdasarkan gerakan yang diamanatkan kementrian kesehatan, Pemkab OKI melakukan program gerakan sadar gizi. “Untuk dikabupaten OKI ada     96.848 ibu dan anak jadi sasaran program pemberian vitamin A 2014,” katanya.
Dari jumlah tersebut dirincikan oleh Lubis, pemberian gizi untuk bayi umur 0-12 bulan sebanyak 17.042, kemudian untuk balita umur 1-59 bulan sebanyak  61.903 Kemudian untuk ibu bersalin sebanyak 17.903.
“Kita yakin program tersebut dapat terealisasi sesuai dengan target akan kita capai,” rincinya.
Kata Lubis, program pemberian vitamin A di kabupaten OKI di tahun 2013 telah tercapi target.”Cakupan vitamin A untuk bayi sebesar 90%, anak balita sebesar 81,48% dan ibu nifas sebesar 95,71%.”
Pemeberian vitamin untuk bayi dan ibu ini tujuanya tidak lain untuk menekan angka kematian ibu dan anak di kabupaten OKI, dan untuk menjadikan anak-anak di OKI tumbuh menjadi anak yang berkualitas,” terangnya.
Dijelakanya, bahwa pemberian vitamin A sangat penting, karena zat gizi tidak bisa di buat oleh tubuh dan harus dipenuhi dari luar.Vitamin A Gunanya untuk kesehatan mata, untuk mencegah kebutaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar