Minggu, 28 November 2010

Inisiasi Menyusui Dini (IMD)


Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah suatu kegiatan bertujuan untuk memberikan ASI pada bayi yang baru lahir sesegera mungkin, di bawah waktu 1 jam setelah kelahiran, yang berorientasi pada keaktifan si bayi yang diletakkan pada perut ibunya dan akan mencari sendiri puting susu ibunya.


IMD akan sangat membantu dalam keberhasilan pemberian ASI Eksklusif dan lama menyusui. Dengan demikian, bayi akan terpenuhi kebutuhannya hingga usia 2 tahun, dan mencegah anak kurang gizi.

Pemerintah Indonesia mendukung kebijakan WHO dan Unicef yang merekomendasikan IMD sebagai tindakan 'penyelamat kehidupan', karena IMD dapat menyelamatkan 22 persen dari bayi meninggal sebelum usia satu bulan.

Ibu Ani Yudhoyono, dalam suatu acara mengatakan : "Menyusui satu jam pertama kehidupan yang diawali dengan kontak kulit antara ibu dan bayi dinyatakan sebagai indikator global. Ini merupakan hal baru bagi Indonesia, dan merupakan program pemerintah, sehingga diharapkan semua tenaga kesehatan di semua tingkatan pelayanan kesehatan baik swasta, maupun masyarakat dapat mensosialisasikan dan melaksanakan mendukung suksesnya program tersebut, sehingga diharapkan akan tercapai sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.
Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar