Rabu, 02 Februari 2011

Mengapa Taburia Perlu Diberikan Pada Balita ?

Masa balita merupakan masa yang paling penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa ini diperlukan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih tinggi untuk perkembangan fisik, perkembangan otak dankecerdasan, serta daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kekurangan vitamin dan mineral pada balita akan mengakibatkan balita mudah sakit, terhambat tumbuh, serta terganggu perkembangan otak dan kecerdasannya. Pada kondisi kekurangan vitamin dan mineral tingkat berat, risiko kematian akan meningkat.

Untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang mencukupi kebutuhan tumbuh kembang balita, diperlukan konsumsi makanan yang beraneka ragam dan cukup jumlahnya. Tentunya agak sulit untuk memberikan makanan yang beraneka ragam pada seorang balita, terutama sayur-sayuran. Apalagi bila balita tersebut sudah mengenal makanan jajanan yang rasanya gurih dan manis.

Untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin dan mineral pada balita, pemerintah menyelenggarakan program pemberian vitamin dan mineral dalam bentuk bubuk yang disebut Taburia. taburia ini diberikan pada balita dengan cara menambahkannya pada makan pagi balita yang disiapkan di rumah. Pemberian Taburia ini dapat meingkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga anak jarang sakit, sehat dan aktif.

SUMBER :
PANDUAN PEMBERIAN TABURIA (Bagi Kader). Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Depkes. 2009

 
Baca Juga :
Vitamin dan Mineral Apa Saja yang Ada Dalam Taburia ?
Apa itu TABURIA? (MULTIVITAMIN DAN MINERAL BALITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar